Pages

Subscribe:

Labels

Selasa, 03 April 2012

ANIMASI

 Animasi berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan animasi secara utuh diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.

Kompetensi Keahlian Animasi:

    1. Merakit Personal Komputer
    2. Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar
    3. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
    4. Memahami etimologi multimedia
    5. Memahami alir proses produksi produk multimedia
    6. Merawat peralatan multimedia
    7. Mengelola isi halaman web
    8. Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi
    9. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
    10. Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
    11. Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip
    12. Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
    13. Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia
    14. Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
    15. Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia
    16. Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
    17. Membuat story board aplikasi multimedia
    18. Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya
    19. Menerapkan efek khusus pada objek produksi
    20. Menyusun proposal penawaran
   
 

MULTIMEDIA

Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.

Kompetensi Keahlian Multimedia:

    1. Merakit Personal Komputer
    2. Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar
    3. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
    4. Memahami etimologi multimedia
    5. Memahami alir proses produksi produk multimedia
    6. Merawat peralatan multimedia
    7. Mengelola isi halaman web
    8. Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi
    9. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
    10. Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
    11. Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip
    12. Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
    13. Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia
    14. Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
    15. Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia
    16. Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
    17. Membuat story board aplikasi multimedia
    18. Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya
    19. Menerapkan efek khusus pada objek produksi
    20. Menyusun proposal penawaran

Teknik Komputer dan Jaringan

TKJ

TKJ merupakan kepanjangan dari Tekhnik Jaringan Komputer. Yang membahas seluruh elemen komputer mulai dari hardware hingga koneksi jaringannya.

Kompetensi Kejuruan :

  1. Merakit Personal Komputer
  2. Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar
  3. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
  4. Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar
  5. Menerapkan fungsi peripheral dan instalasi PC
  6. Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal
  7. Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang sistem PC
  8. Melakukan perbaikan periferal
  9. Melakukan perawatan PC
  10. Melakukan instalasi sistem operasi berbasis GUI dan command line interface (CLI)
  11. Melakukan instalasi software
  12. Melakukan instalasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network)
  13. Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan
  14. Melakukan perbaikan dan/ atau setting ulang koneksi jaringan
  15. Melakukan instalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI dan Text
  16. Melakukan instalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
  17. Mendiagnosis permasalahan perangkat yg tersambung jaringan berbasis luas (WAN)
  18. Membuat desain sistem keamanan jaringan
  19. Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (WAN)
  20. Mengadministrasi server dalam jaringan
  21. Merancang bangun dan menganalisa Wide Area Network
  22. Merancang web data base untuk content server

Rekayasa Perangkat Lunak

 RPL merupakan singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak. Merupakan suatu keahlian di bidang Software atau Perangkat Lunak.

Kompetensi Kejuruan :

  1. Merakit Personal Komputer
  2. Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar
  3. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
  4. Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar
  5. Menerapkan algoritma pemrograman tingkat dasar
  6. Menerapkan algoritma pemrograman tingkat lanjut
  7. Membuat basis data
  8. Menerapkan aplikasi basis data
  9. Memahami pemrograman visual berbasis desktop
  10. Membuat paket software aplikasi berbasis desktop
  11. Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer
  12. Menerapkan bahasa pemrograman SQL tingkat dasar
  13. Menerapkan bahasa pemrograman SQL tingkat lanjut
  14. Menerapkan dasar-dasar pembuatan web statis tingkat dasar
  15. Membuat halaman web dinamis tingkat dasar
  16. Membuat halaman web dinamis tingkat lanjut
  17. Merancang aplikasi teks dan desktop berbasis objek
  18. Menggunakan bahasa pemrograman berorientasi objek
  19. Merancang program aplikasi web berbasis objek
  20. Membuat aplikasi basis data menggunakan SQL
  21. Mengintegrasikan basis data dengan sebuah web
  22. Membuat program basis data
  23. Membuat aplikasi web berbasis JSP

MISI


1.      Melaksanakan Pendidikan Menengah Kejuruan dengan kualitas tinggi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, dunia usaha/Industri kini dan masa mendatang.

Struktur Organisasi : Ka. Program Keahlian: ................. Kepala Bengkel : .................. Program Keahlian MM : .................................

Kompetensi Keahlian Multimedia:
    1. Merakit Personal Komputer
    2. Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar
    3. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
    4. Memahami etimologi multimedia
    5. Memahami alir proses produksi produk multimedia
    6. Merawat peralatan multimedia
    7. Mengelola isi halaman web
    8. Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi
    9. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
    10. Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
    11. Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip
    12. Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
    13. Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia
    14. Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
    15. Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia

Selamat Datang di Situs SMK Negeri 2 Singosari

Didirikan berdasarkan Peraturan Bupati Malang No.1 Tahun 2009 Tentang Unit Pelaksana Teknis Dinas. Sekolah Menengah Dinas Pendidikan dan Surat Perjanjian Kerjasama antara Bupati Malang dengan Direktur Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan No. 0570ax/C5.4/Kep/KU/2007 Sebagai pengembangan dari kelompok keahlian kompetensi Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri dan Teknik Informatika ( Rekayasa Perangkat Lunak ) yang berasal dari SMK Negeri 1 Singosari dan selalu meraih prestasi sebagai Juara Lomba Kompetensi Siswa baik tingkat Propinsi maupun Tingkat Nasional. Untuk Tahun Ajaran 2009 / 2010 dikembangkan program keahlian baru yaitu Animasi, Multimedia, dan Broadcast/Pertelevisian.